World Space Week, Perayaan Kegiatan Antariksa Terbesar di Dunia

AdminH 8 Comments

World Space Week (WSW, Pekan Antariksa Dunia) seperti halnya hari-hari spesial yang lain adalah suatu anugerah khusus karena sesuatu hal yang spesial. Bedanya, WSW dilaksanakan dalam waktu satu pekan atau tujuh hari, bukan hanya satu atau dua hari saja. World Space Week adalah satu pekan khusus pada tanggal 4 Oktober hingga 10 Oktober tiap tahunnya. Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 6 Desember 1999 mendeklarasikan WSW sebagai perayaan dari kontribusi sains luar angkasa dan teknologi untuk kemajuan kondisi umat manusia.

wsw

wsw

“The General Assembly declares 4 to 10 October World Space Week to celebrate each year at the international level the contributions of space science and technology to the betterment of the human condition”
UN General Assembly resolution A/RES/54/68
6 December 1999

PBB menganugerahkan pekan tersebut bukan tanpa alasan, tetapi karena terdapat 2peristiwa yang sangat bersejarah. Pertama, peluncuran wahana antariksa pertama pada 4 Oktober 1957 yaitu Sputnik 1 yang diluncurkan oleh Uni Soviet dan menjadi gerbang dari eksplorasi ruang angksa. Kedua, penandatanganan Outer Space Treaty (Perjanjian Luar Angkasa) pada 10 Oktober 1967.

Dikutip dari situs resminya http://www.worldspaceweek.org/ WSW memiliki beberapa tujuan yaitu
1. Memberikan pengaruh unik tentang edukasi dan pencapaian sains antariksa.
2. Mencerdaskan masyarakat dunia tentang keuntungan yang diperoleh dari antariksa.
3. Mendorong penggunaan antariksa yang lebih besar untuk pengembangan dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.
4. Menunjukkan dan mengarahkan dukungan publik pada program-program luar angkasa.
5. Meningkatkan minat masyarakat muda terhadap sains, teknologi, teknik dan matematika.
6. Mendorong kerjasama internasional pada pengembangan pendidikan dan ruang angkasa.

Siapakah yang bisa merayakan event antariksa terbesar sedunia ini? Siapapun di alam semesta ini bisa merayakannya. Dengan kendali WSW di pusat oleh PBB, koordinasi global oleh World Space Week Association (WSWA) serta koordinator nasional di berbagai negara dan koordinator lokal di berbagai tempat, seluruh rangkaian acara WSW di seluruh dunia dilaksanakan. Tercatat hingga saat ini lebih dari 700 event di seluruh dunia telah bersiap menyukseskan pekan antariksa dunia ini. Ingin tahu event apa saja yang akan diselenggarakan di seluruh dunia? Silakan kunjungi halaman ini http://www.worldspaceweek.org/events/event-list/

Bagaimana dengan perayaan WSW di Indonesia? Pada tahun 2003 untuk pertama kalinya WSW diselenggarakan di Indonesia oleh Himpunan Mahasiswa Astronomi (Himastron) ITB. Himastron ITB mengadakan serangkaian kegiatan yang bertajuk Space Week 2003 “October Sky” diantaranya observasi malam, talkshow, dan pameran-pameran. Sedangkan yang paling berkesan adalah pameran poster astronomi sepanjang 40 meter yang dibuat sendiri oleh anggota Himastron ITB. Selanjutnya perayaan Pekan Antariksa Dunia ini menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh Himastron dengan nama dan tema yang berbeda-beda tiap tahunnya. Selain oleh Himastron ITB, WSW juga mulai ramai dirayakan oleh berbagai klub astronomi di berbagai daerah sejak 2009.

Lalu bagaimana dengan WSW 2014? Apakah ada event yang bisa diikuti? Tentu saja ada. Menurut situs resmi WSW, terdapat 2 event yang akan dlaksanakan di Indonesia yaitu World Space Week 2014 by Himastron ITB yang dilaksanakan mulai 4 hingga 12 Oktober 2014 oleh Himastron ITB dan Festival Sains Antariksa yang dilaksanakan oleh Pusat Sains Antariksa LAPAN pada 10 Oktober 2014.

Lebih jauh, World Space Week 2014 by Himastron ITB akan berlangsung dengan berbagai agenda. Dibuka dengan Kultweet #astronight bertemakan World Space Weekdi akun resmi Himastron ITB @Himastron_ITB pada Sabtu, 4 Oktober 2014 pukul 20.00. Lalu ada program menonton bersama film astronomi COSMOS: A Space Time Odyssey episode 1 Standing Up in the Milky Way disertai diskusi tentang isi film dan astronomi secara umum dilanjutkan observasi malam yaitu pengamatan objek langit (Gerhana Bulan Total, planet, bintang) dengan perangkat teleskop pada hari Rabu, 8 Oktober 2014 pukul 18.30 hingga 21.00 di selasar Oktagon Kampus ITB Ganesha dan Observasi Matahari di Car Free Day taman DAGO pada hari Ahad, 12 Oktober 2014 pukul 07.00 hingga 10.00 sekaligus penutup kegiatan World Space Week 2014 by Himastron ITB.

wsw Himastron

wsw Himastron

Mari! Bersama kita sukseskan agenda World Space Weekdan tingkatkan rasa cinta pada alam semesta ini!

Abdul Majid Al Kholish
Divisi Keprofesian Himastron ITB

Comments 8

    1. Post
      Author
  1. Pingback: Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014 | Kafe Astronomi.com

  2. Nike Air Max 2013 USATF Has It's Own Features.

    Hmm it appears like your blog ate my first comment (it was super long) so I guess I’ll just sum it up what I submitted and say, I’m thoroughly enjoying your blog. I too am an aspiring blog writer but I’m still new to everything. Do you have any points for rookie blog writers? I’d really appreciate it.

  3. Enjoy New Balance Ausbilder Braun Weiß 595 Herren

    Fantastic blog you have here but I was wondering if you knew of any discussion boards that cover the same topics discussed here? I’d really love to be a part of online community where I can get feed-back from other knowledgeable people that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Bless you!

  4. Pour obtenir d\'origine Noir

    Today, I went to the beachfront with my kids. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *